Jumat, 27 Juli 2012

I B I

Sekilas lihat tulisan singkat itu bisa langsung ditebak deh, kepanjangan dari Ikatan Bidan Indonesia.
Singkatan yang sudah lazim saya dengar. . .
Kalau bicara soal IBI, selalu identik dengan buah delima yang baru dipetik lengkap dengan 2 helai daun segarnya. Hemm. . . buah delima yang sudah ranum dan biji di dalam buahnya terlihat matang. Masih sedikit bingung sih dengan makna logo IBI, masih kurang saya tangkap tentang arti dan maksud dari logonya. o.O


Menurut artikel yang pernah saya baca sebelumnya, bentuk bulat logo IBI dengan dilingkari garis merah dan putih itu menggambarkan arti persatuan yang abadi. Menurut saya sih ikatan abadi seorang bidan dengan seorang ibu hamil, seperti itu. . .
Buah delima ditengah yang berisi banyak biji dan air menggambarkan kesuburan. Nah yang ini nih saya bingung menggambar seorang bidannya atau seorang ibu hamilnya ya ? Tapi kesuburan itu sendiri sih lebih ke si ibu hamilnya, kan kesuburan itu erat hubungannya dengan pasangan suami istri (si ibu hamil dan suaminya). Iya nggak ?
Buah delima ditengah itu dibuat merekah mengandung biji-biji yang telah matang dan sehat menggambarkan si ibu dan si suami dapat melanjutkan generasi penerus baru yang sehat dan berkualitas. Seorang bidan diharapkan bersiap diri menjadi tenaga pelayanan kesehatan yang profesional, untuk menghantarkan benih yang matur dan sehat tersebut menjadi calon generasi penerus yang mandiri serta berkualitas.
Dua helai daun hijau menggambarkan kemampuan dari pasangan laki-laki dan perempuan untuk melanjutkan tumbuhnya bibit. Nah ini saya juga bingung. . . Apa mungkin yang dimaksud itu si ibu hamil dan suaminya setelah menikah sudah tentu wajib melanjutkan keturunan. Tapi kan itu bukan tugas bidan. Eh tapi iya juga sih, mungkin juga bidan punya tugas untuk memberi suatu penyuluhan pada pasutri untuk bisa melanjutkan tumbuhnya bibit dalam suatu rumah tangga. . .
Terus kalau ular dan cawan menggambarkan simbol Dewa Aesculapius dan Dewi Hygea, dimana pelayanan kebidanan harus memelihara dan mempertahankan biji agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Bidan itu pekerjaan wanita yang sungguh sangat mulia sekali. Gimana nggak, bidan kan dapat menolong dua nyawa manusia sekaligus, nyawa ibu hamil dan nyawa seorang bayinya.
Waww deh buat bidan, bidan Indonesia. . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar