Rabu, 22 Agustus 2012

Tips Memilih Posisi Tidur selama Masa Hamil

Ahhaaa, ini nih yang sebenarnya sepele tapi efeknya luar biasa bervariasi.
Nah bagi bumil wajib diketahui nih posisi tidur yang baik itu bagaimana selama masa hamil, biar ibu dan bayi juga sama-sama enak.
Simak yuk. . .

  • Tidur Terlentang


Tidur dengan posisi terlentang sangat tidak dianjurkan pada ibu hamil setelah kehamilan mencapai usia 16 minggu atau 4 bulan masa kehamilan. Mengapa demikian?? Menurut artikel yang pernah saya baca di bidanku.com tidur terlentang ini sama halnya dengan memaksakan tubuh dengan meletakan seluruh berat rahim ke bagian belakang tubuh, usus dan hingga vena cava inferior. Sebenarnya tidur dengan posisi terlentang juga dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir dan gangguan pencernaan serta pula dapat mengganggu pernapasan.
  • Tidur Miring


Tidur dengan posisi miring sangat dianjurkan setelah usia kehamilan 16 minggu atau 4 bulan, sebaiknya ibu hamil tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri, karena posisi ini memberi keuntungan untuk bayi anda untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior) dibagian belakang sebelah kanan svina yang mengembalikan aliran darah ke tubuh bagian bawah ke jantung. yang juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu hamil sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan.
  • Tidur Tengkurap


Posisi ini sebenarnya cukup aman untuk ibu hamil. Tapi biasanya pasca kehamilan trimester pertama, karena adanya pembesaran payudara dan juga rangsang payudara yang lebih sensitif akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap. Dan pada saat di mana perut sudah mulai membesar (awal 14 minggu) tidur dengan posisi tengkurap menjadi sangat tidak nyaman karena harus menyokong paha dengan bantal untuk dapat tidur tengkurap karena perut yang mulai membesar.

Nah, sekarang bumil tinggal pilih deh, tidur mana yang atau gaya tidur yang seperti apa yang bisa dipakai sesuai dengan yang dianjurkan. Selamat mencoba. . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar