Jumat, 03 Agustus 2012

Sarung Tangan Medis

Handscoon Obgyn
 

Ahhaaa, ini nih salah satu perlengkapan yang harus disiapin calon Maba D-III Kebidanan STIKES Dian Husada untuk PPSM awal September nanti. Baru tau nih saya, ternyata sarung tangan medis ada juga yang panjang, sampai siku, handscoon obgyn bahasa gaulnya. . . ^^
Susah sih nyarinya, tapi alhamdulillah sudah dapat dan persis dengan yang di contohkan panitia PPSM 2012. Ternyata ini bukan sembarang sarung tangan biasa loh, simpel tapi nggak sepele. . .

Handscoon itu adalah sarung tangan yang biasa di pakai oleh seorang bidan dan tenaga medis lainnya dengan tujuan agar tangan kita terhindar dari droplet pasient dan bertujuan untuk pencegahan infeksi yang di sebabkan oleh pasien ke tenaga medis atau pun sebaliknya. Wah ternyata seperti itu toh, dan saya baru mengetahuinya. . .

Nggak cuma itu saja, ternyata cara memakai sarung tangan medis itu ada cara khususnya, seperti pada artikel yang sempat saya baca sebelumnya. Wah wahh. . .
Saya harus tau juga nih, seorang calon bidan yang bisa dikata seorang calon tenaga medis saya harus tau betul cara pemakaian sarung tangan ini yang benar bagaimana.

Ada 2 hal yang harus diperhatikan, tahap persiapan dan tahap kerja.

Untuk tahap persiapannya itu, kita harus menyiapkan beberapa bahan, antara lain :
  • Menyiapkan sarung tangan sterill sesuai ukuran dan kebutuhan.
  • Menyiapkan larutan klorin.
  • Menyiapkan bedak atau talk.
Setelah tahap persiapan sudah dilalui barulah berganti ke tahap kerja. Cara memakai sarung tangan medis tersebut antara lain :
  • Melakukan cuci tangan terlebih dahulu.
  • Membuka kemasan sarung tangan bagian atas dan meletakkannya pada tempat yang datar dan bersih. Sentuh bagian kemasan hanya bagian luarnya saja dan bagian dalamnya diusahakan untuk tidak tersentuh agar sterilisari tetap terjaga.
  • Mengambil secara perlahan sarung tangan yang masih dalam kemasaan tersebut.
  • Pakai sarung tangan dengan memperhatikan tangan sebelah mana yang lebih dominan untuk memakai sarung tangan tersebut. Pastikan handscoon untuk tangan kiri berada di kiri dan untuk tangan kanan
    berada di kanan.
Nah, selesai deh tahap persiapan dan tahap kerja memakai handscoon. Nggak cukup sampai disitu, ada caranya juga untuk membuka sarung tangan medis yang udah menempel di tangan kita itu, Simak yuk. . .
  • Lepas di atas larutan klorin yang sudah dipersiapkan.
  • Tarik bagian luarnya dengan tangan kiri trus taruh sarung tangan yang sudah dipakai tadi dalam keadaan terbalik, bagian luar ada di dalam dan bagian dalam ada di luar.
  • Untuk sarung tangan yang terakhir pegang dengan tangan telanjang bagian dalamnya dan lepas dengan hati-hati dan tetap taruh sarung tangan bekas pake tersebut pada larutan klorin dengan keadaan terbalik.

1 komentar: